Tekan Angka Golput, Pelajar SMA Diberikan Pemahaman Politik

Wagub Sumbar, Nasrul Abit didampingi Kepala Kesbangpol Sumbar, Nazwir bersama pelajar SMA saat membuka dialog politik bersama Siswa-siswi SLTA se-Kota Padang, Rabu (28/11).

PADANG, SAHKATO–Siswa dan siswi tingkat SLTA merupakan kalangan pemilih pemula yang sudah memiliki hak pilih pada pemilu 2019. Karena itu, mereka perlu diberi pemahaman tentang politik. Sehingga, mereka tidak termakan isu-isu politik yang menyesatkan yang banyak beredar di media sosial.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, saat dialog politik bersama generasi muda SLTA se-Kota Padang, Rabu (28/11) di Kota Padang.

Generasi muda betul-betul harus dewasa menentukan arah pilihannya ini. Mereka yang dipilih dalam pilpres maupun pileg memang benar-benar yang membawa aspirasi. “Jadi, bersikap dewasalah. Pilih benar-benar mendengar aspirasi kita. Tentu yang sesuai dengan pilihan dan yang terbaik. Jangan terpengaruh dengan isu-isu politik yang tidak benar,” katanya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumbar, Nazwir menyebutkan, kegiatan dialog politik genarasi muda ini merupakan upaya pemerintah, untuk memberikan pengetahun politik kepada generasi muda.

“Generasi muda ini merupakan pemilih pemula. Mereka yang selalu berhubungan di media sosial. Maka, untuk itu perlunya diberikan pengetahuan politik ini agar mereka tidak termakan isu-isu politik yang tidak benar yang banyak tersebar di media sosial,” ujarnya.

Selain itu, ini juga untuk menambah partisipasi pemilih pemula. Karena, pemilih pemula ini sering abai untuk menentukan pilihannya. “Ini untuk menekan angka golput. Dengan partisipasi pemilih pemula diharapkan partisipasi pemilih pemula di Sumbar mengalami peningkatan,”tukasnya.

Dialog politik ini diikuti 175 siswa SMA se-Kota Padang yang akan mengulas tiga  materi yakni pemilu sebagai wahana pendidikan politik, pentingnya pendidikan politik dalam budaya yang demokratis dan peran Pemerintah Daerah dalam pendidikan politik. (sar)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.