Porprov ke-XV Sumbar Resmi Dimulai, Gubernur: Berdayakan Atlet Lokal

Pembukaan Porprov ke XV Sumbar di Padangpariaman

PADANGPARIAMAN, SAHKATO–Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno membuka secara resmi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-XV Sumbar tahun 2018, di Kabupaten Padang Pariaman.

Pembukaan iven bergengsi tingkat Sumbar ini, ditandai dengan pemukulan tambua yang dilakukan oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Ketua Umum KONI pusat dan seluruh kepala daerah.

Sebelum pembukaan, juga dilakukan defile kontingen.Kontingen yang mengikuti Porprov ke-XV Sumbar ini sebanyak 8.165 orang, terdiri dari 7.275 atlet dan 990 pelatih dan official.Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, berharap Porprov ke-XV ini dapat berikan manfaatkan pada daerah, terutama dalam mencari bibit atlet yang dapat wakili daerah ke iven lain.

Di samping itu, kegiatan itu juga sebagai ajang silaturahim baik sesama atlet maupun atlet dengan daerah lain.“Mudah-mudahan bisa jadi ajang pembinaan dan evaluasi bagi pelatih cabang, yang selama ini telah melatih dan membina atletnya, dengan kegiatan ini bisa dilihat sejauh mana perkembangannya, ” ujar gubernur.

Kegiatan ini menjadi perhatian bagi pemerintah dan KONI, hasil dari iven ini nanti dibina dan dilatih untuk mengikuti Porwil tingkat Sumatera tahun depan di Bengkulu.“Dua tahun lagi juga ada iven yang lebih besar yaitu, Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua, tentu atlet Porprov ini langsung dipersiapkan untuk ikutinya,” katanya.

Kepada atlet, gubernur berharap, jaga sportivitas selama bertanding, kalah menang biasa, tetapi yang terpenting sportifitas tetap jadi utama.

Gubernur mengharapkan Porprov ke-XV jadi barometer dalam persuapkan atlet ke iven yang lebih tinggi, sehingga seluruh daerah dihimbau agar lakukan pembinaan pada atlet daerahnya sendiri, bukan memanfaatkan usaha daerah lain.(rel/hry)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.