Porprov ke-XV Sumbar, Padang dan Padangpariaman Bersaing Posisi Puncak

Api Obor PORPROV ke XV Sumbar menyala, menandai dibukanya perhelatan olahraga terbesar di Sumbar

PADANGPARIAMAN, SAHKATO–Kabupaten Padangpariaman dengan Kota Padang saling memburu posisi pertama dalam perolehan mendali dari arena Pekan Olahraga Dalam Provinsi (Porprov) ke-XV Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2018.

Pasalnya, Padangpariaman dan Kota Padang saling mengejar dalam perolehan mendali sementara, baik emas, perak, perunggu dari  Porprov Sumbar, 19 sampai dengan 28 November 2018

Hingga berita ini diturunkan, persaingan sengit pada peringkat teratas peroleh mendali dalam Porprov XV Sumbar, masih diduduki Kota Padang dan Kabupaten Padangpariaman nomor urut dua. Selisih perolehan mendali daerah yang bertetanggaan ini sangat tipis. Terlebih mendali emas.

Berdasarkan data yang dihimpun dilapangan dan website porprov.padangpariamankab.go.id, Selasa kemarin, Kota Padang memeroleh sebanyak 12 emas, 7 perak, dan 4 perunggu. Sedangkan Kabupaten Padangpariaman sudah memperoleh 11 emas, 6 perak dan delapan perunggu.

Sejauh ini, keunggulan Kota Padang dalam perolehan mendali emas, berkat sumbangan dari cabang olahraga (cabor) wushu dan angkat besi, yang masing-masingnya telah memperoleh 4 emas. Sedangkan Kabupaten Padangpariaman, penyumbang emas terbanyaknya yaitu soft tenis dan wushu.

Kemerihana pembukaan PORPROV ke XV Sumbar di kabupaten Padangpariaman, kemarin malam

Sedangkan untuk peringkat ketiga perolehan mendali ditempati Kota Bukittinggi, yaitu sebanyak 7 emas, 2 perak, dan 2 perunggu. Lalu Kabupaten Solok yang menduduki peringkat keempat, memperoleh 5 emas, 5 perak, dan 10 perunggu. Kabupaten Solok tampaknya turut menjadi pesaing sengit Kota Bukittinggi yang sebelumnya menduduki juara kedua Poprov XIV Sumbar.

Namun yang paling mengejutkan dalam perolehan mendali Porprov XV Sumbar saat ini, terlihat dari Kabupaten Agam. Pasalnya, Agam yang menjadi juara ketiga Porprov XIV Sumbar dua tahun lalu, masih berada pada posisi kesebelas dengan perolehan mendali 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu.

Kondisi serupa juga dialami peraih peringkat keempat XIV Sumbar, yaitu Kabupaten Lima Puluh Kota. Perolehan mendali sebanyak 2 emas, 1 perak, dan 6 perunggu, membuat Lima Puluh Kota berada pada posisi kedelapan hingga sekarang.

Atlet Porprov ke XV Sumbar memasuki lapangan

Bupati Padangpariaman, H Ali Mukhni, mengatakan bahwa dari perolehan mendali yang dilihatnya pada website porprov.padangpariamankab.go.id, pihaknya optimis semakin besarnya peluang Padangpariaman menempati posisi juara umum Porprov XV Sumbar.

“Kita sangat bangga dapat bersaing sengit dengan Kota Padang dalam peraihan mendali. Sebab selama ini kan selalu Kota Padang yang menempati juara umum Porda atau Porprov Sumbar ini,” ujarnya.

Untuk itu, Ali Mukhni meminta kontingen Padangpariaman, khususnya atlet yang akan berkompetisi terus memperkuat tekad untuk meningkatkan perolehan mendalinya. “Semangat, kuatkan tekad, dan banyak berdoa. Insya Allah apa yang kita kejar bisa tercapai,” katanya.

Bagi Ali Mukhni, kompetisi dalam Porprov XV Sumbar adalah pertarungan nama baik daerah. Terlebih Kabupaten Padangpariaman yang memiliki ikatan kemasyarakatan yang kuat. Mulai dari seluruh daerah di Indonesi hingga luar negeri.“Kalau kita gagal, kepala daerah (dirinya, red) pasti akan ramai dihubungi sanak di PKDP. Jadi kegiatan ini diperhatikan betul oleh seluruh sanak-saudara kita dalam dan luar negeri,” ujarnya.

Ali Mukhni turut menyarankan agar atlet Padangpariaman maksimal dalam istirahat. Sehingga mereka bisa maksimal dalam mengikuti setiap perlombaan yang sudah ataupun akan dilaksanakan.“Selesai bertanding, atlet harus istirahat. Kurangi aktivitas lain yang dapat mengganggu kondisi fisik,” harapnya.(rel/sar) 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.