Kereta Api Lembah Anai Layani Rute Kayu Tanam-Padang

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno ujicoba Kereta Api Bandara Minangkabau Ekspres, beberapa waktu lalu

PADANG, SAHKATO–Kereta Api Indonesia (KAI) Divre II Sumbar, Oktober 2018 nanti meningkatkan pelayanan penumpang dengan membuat integrasi tiga jalur di Sumbar.

Hal ini dikemukakan dari hasil rapat yang dihadiri olehDirektur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Zulmafendi, Kepala KAI Divre II Sumbar Yuherman yang bertemakan “Upaya Integrasi Pelayanan KA Penumpang di Sumatera Barat,”, di Hotel Grand Zuri, Padang, (21/9).

Zulmafendi menjelaskan, melalui hasil rapat tersebut dilakukan intragasi jadwal pemberangkatan kereta api dari masing-masing daerah. Sehingga, jalur pemberangkatan dari kereta api saling terkoneksi dengan Kereta Api Minangkabau Ekpres yang beroperasi dari Padang ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

“Kita melakukan integrasi dari tiga jalur kereta api yang beroperasi di Sumbar. Kereta Api  Sibinuang, Minang Kabau Ekspres dan  Lembah Anai  saling terintegrasi. Sehingga, menciptakan jalur kereta api komuter yang beroperasi dengan mengikuti jadwal pemberangkatan,” ujarnya.

Untuk meningkatkan pelayanan tersebut, Kereta Api Lembah Anai bertolak lansung dari Kayu Tanam hingga ke Padang dan ke BIM. “Permintaan masyarakat menginginkan adanya kereta api langsung dari Kayu Tanam menuju BIM dan Padang. Jadi tidak hanya Minangkabau Expres saja yang bisa ke bandara. Tapi Kereta Api Lembah Anai juga akan menempuh jalur  kereta api tujuan BIM dan Padang,” tambahnya.

Selain penambahan jalur kereta api rute Lembah Anai ke BIM dan Padang, Zulmafendi  menjelaskan, juga akan terjadi penambahan jadwal keberangkatan Kereta Api Sibinuang dari Padang ke Pariaman. “ Kita akan menambah jadwal keberangkatan Sibinuang dari delapan perjalanan pulang pergi, menjadi sepuluh perjalanan dari dua kota tersebut. Jika penambahan jadwal perjalanan terealiasi maka akan dilakukan pemanjangan jalur kereta api yang di Pariaman hingga ke Nareh Pariaman,” ujarnya.

Untuk memudahkan penumpang KA Minangkabau, PT.KAI juga akan menjadikan  shelter di Basko dan akan membangun shelter di Transmart sehingga memudahkan masyarakat dari dan menuju BIM. “ Masyarakat juga meminta penambahan shelter untuk memudahkan masyarakat berangkat ke BIM. Oleh karena itu, kita akan membuka shelter di Basko dan akan membangun shelter di Transmart untuk memudahkan masyarakat menuju BIM,” Zulmafendi menambahkan.(ktk)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.