Keliling Indonesia, Mobil Listrik Karya Anak Bangsa Hadir di Padang

Direksi PT PLN (Persero) berphoto di hadapan mobil listrik buatan Indonesia

PADANG, SAHKATO–Dua unit mobil listrik PLN Blits Explore Indonesia akhirnya mendarat di Kantor PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumbar, di Jalan Wahidin No 8, Padang, Sumatera Barat, Rabu, (5/12).

Kedatangan mobil listrik bernama Blits dan Hybrid series Kasuari ini, ditambah dua mobil pendukung yang berisi suku cadang. Kehadiran mobil ini disambut oleh GM PLN wilayah Sumbar, Susiana Mutia, Kepala Dispora Provinsi Sumbar, Adib Alfikri, EVP Operasional Regional Sumatera PT. PLN (Persero), Supryadi dan jajaran.

Kedua mobil listrik dengan paduan warna hitam, untuk mobil hybrid series Kasuari dan warna biru untuk Blits, langsung menjadi pusat perhatian undangan yang hadir.

GM PLN wilayah Sumbar, Susiana Mutia, mengatakan, kehadiran mobil listrik tersebut telah dipersiapkan mengikuti perjalanan jauh mengelilingi Indonesia. Mobil dengan nama Blits dan Kasuari itu melakukan kegiatan touring yang telah berjalan pada September lalu dan akan selesai saat semua provinsi telah dikunjungi.

“Kami sangat bangga karena diperkirakan mobil ini akan menempuh jarak sekitar 15.000 kilometer mulai dari Sabang hingga Merauke. Sehingga, membuktikan bahwa era mobil berlistrik sangat menjanjikan,” ucapnya.

PLN akan terus mendukung perkembangan infrastruktur Indonesia dan akan mempromosikan pentingnya energi terbarukan yang berkelanjutan melalui penggunaan mobil listrik. “Dukungan ini terwujud dengan adanya kerjasama dengan mengalokasikan ketersediaan SPLU atau charging station di titik-titik berhenti mobil listrik ini,” kata Susiana.

EVP Operasional Regional Sumatera PT PLN (Persero), Supriyadi menyampaikan, rencananya mobil listrik ini akan beredar di seluruh Indonesia. “Kita berharap beberapa tahun ke depan, mobil listrik ini akan beredar di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dispora Provinsi Sumbar, Adib Alfikri memberikan apresiasi kepada Tim Blits Explore Indonesia bekerjasama dengan PLN yang sudah mendesain dan membuat produk baru serta menjadi terobosan baru di era milenial. “Saya sendiri bangga karena ini karya anak bangsa yang notabennya pemuda. Saya berharap pemuda-pemuda lain juga bisa berkreasi seperti ini,” ujar Adib.

Dosen ITS Nur Yulianto yang menjadi pembimbing dalam pengembangan mobil Blits menjelaskan, setelah keliling Indonesia yang bertujuan untuk mengenalkan kendaraan listrik ke seluruh masyarakat Indonesia. Hadirnya mobil ini membuktikan Indonesia telah mampu untuk memproduksi mobil listrik. Kedua mobil listrik ini dalam agendanya akan diikutsertakan dalam ivent dunia rally Paris Dakar tahun 2020 mendatang.

“Rencananya kedua mobil ini akan diikutsertakan dalam Paris Dakar 2020. Sehingga akan menggugah mata dunia bahwa Indonesia layak berkompetisi menciptakan mobil listrik,” ujarnya.

Nur Yulianto menambahkan, mobil listrik dengan kapasitas 90 KW  dengan masa pengecasan selama delapan jam ini, hampir 100 persen buatan anak bangsa. “Hanya baterai yang diimport dari China”, tambahnya.

Kegiatan PLN Blits Explore Indonesia didukung penuh oleh PT PLN. Salah satunya berupa fasilitas untuk melakukan pengisian daya baterai mobil. Pengisian daya baterai mobil dilakukan di Kantor PT PLN yang berada di rute yang dilewati. Setelah tiba di Padang, rencananya kedua mobil listrik ini akan melanjutkan perjalanan menuju Bukittinggi, Payakumbuh, dan terus ke Pekanbaru Provinsi Riau.“Doakan kami selama melakukan PLN Blits Explore Indonesia,” ucap Nur Yulianto.(rel/ktk)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.