Gubernur Sumbar Pulang dari China, Sejumlah Komitmen Kerjasama Investasi Disepakati

Calon investor dari Negara China bekerjasama dengan perusahaan lokal di Sumbar, sebagai Local Strategic Partner, siap menanamkan investasi di Sumbar.

PADANG, SAHKATO–Berbagai peluang investasi dari investor asal negeri tirai bambu China, bakal hadir di Provinsi Sumbar. Hadirnya investasi ini nanti, berkat perjuangan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mempromosikan berbagai peluang investasi di Sumbar, saat berkunjung ke Nanning China, 12-16 September 2018 lalu.

Dalam agenda kunjungannya, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama rombongan delegasi Sumbar mengikuti dan menghadiri berbagai pertemuan dengan investor China.

Diawali dengan kegiatan City of Charm. Yang paling membanggakan, Sumbar mendapat kepercayaan dan kehormatan sebagai The Best City of Charm Paviliun pada ajang ini. Yakni, sebagai satu-satunya provinsi di Indonesia yang mengisi hall gedung promosi di China untuk mempromosikan potensi pariwisata Sumbar dan budaya Minangkabau.

“Hadirnya kita di ivent City of Farm didukung dengan dana APBD dan Kementerian Perdagangan. Antusias masyarakat di China luar biasa ketika kita menampilkan budaya dan pariwisata kita di sana. Kesempatan itu, kita manfaatkan dengan promosi melalui menyebar brosur tentang pariwisata kita” ungkap Irwan Prayitno, didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pindu Provinsi Sumbar (DPM PTSP), Maswar Dedi, kemarin.

Selain hadir di City of Farm, Irwan Prayitno mengungkapkan, Sumbar juga berkesempatan mengikuti pameran produk-produk unggulan pada Paviliun Indonesia. “Di ajang ini, kita hadirkan produk komoditi unggulan Sumbar, seperti, gambir, pala, serta produk UMKM kuliner dan kerajinan tradisional. Alhamdulilah, Sumbar pada kesempatan itu mendapatkan the best exhibitor  dengan transaksi para pelaku usaha lebih dari $5.2 juta,” ungkapnya.

Irwan Prayitno menambahkan, selama kunjungannya ke negara dengan ekonomi terkuat di dunia itu, juga memaparkan peluang investasi dalam bidang energy, pariwisata, perdagangan dan kelautan. “Kita memaparkan peluang investasi ini pada Busisness and Invesment Event di hadapan para pengusaha-pengusaha China,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, rombongan delegasi Sumbar juga menghadiri Promotion Conference on Asiandengan tema “Business Inviting Targeted at Your Potential Partner”. Peserta berasal dari  negara Indonesia, Brunei Darusalam, Singapura, Thailand, Malaysia, Kamboja, Laos, Myanmar, Philipina dan Vietnam.

Peluang lainnya dengan menghadiri Matching Business dengan investor China, PT. East Energy , PT. Hongkong Liaohai, PT Power Fujian Jiahe , Fujian Yanan Power Group dan PT. New Concepts Holdings. Dari Sumbar dihadiri langsung  H. Muhamad Yamin Kahar, sebagai Chairman of Dempo Group dan Mr Xu Peng sebagai President Director of Dempo Group (Local Strategic Partner).

Dari kegiatan Matching Business tersebut, investor dari China menyatakan komitmennya untuk berinvestasi di Sumbar. Investasi tersebut meliputi bidang energi terbarukan, property dan pariwisata. Khusus investasi di bidang energi, hasilnya, bakal ada investasi dari China berupa Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hidro (PLTMH) di Pelangai, Kabupaten Pesisir Selatan, dengan kapasitas 13.6 MW dengan total investasi sebesar U$21 juta.

Juga ada investasi Pembangkit Listrik tenaga air (PLTA) di Masang, Kabupaten Pasaman Barat, dengan kapasitas 80 MW dan total investasi mencapai sebesar U$160 juta. Selain itu juga ada investasi PLTA di Padang Aro, Kabupaten Solok Selatan, dengan kapasitas 40 MW, total investasi sebesar U$80 juta.

Ketertarikan investor asal China untuk berinvestasi di Sumbar juga investasi di bidang property dan pariwisata.  Investasi yang bakal hadir di Sumbar di sektor ini meliputi, pengembangan kawasan wisata Anai Resort di Kabupaten Padangpariaman, dengan total investasi U$ 98 juta. Juga ada pengembangan kawasan wisata Pulau Marak di Kabupaten Pesisir Selatan, dengan total investasi U$12 juta dan pengembangan Kawasan wisata di Pulau Sironjong, Kota Padang dengan total investasi U$4 juta.

“Para investor dari China dan Hongkong tersebut  menggandeng pengusaha asal Sumbar, H. Muhamad Yamin Kahar, Founder Dempo Group sebagai Local Strategic Partner. Tindak lanjut dari Matching Business , ini akan diagendakan 15 – 25 Oktober 2018, di Sumbar,” ungkapnya.(sar)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.